Kembang Lawang - Pekak



Kembang Lawang atau (Pekak) mempunyai nama latin Illicium verum. Di beberapa negara dan daerah, kembang lawang memiliki nama yang berbeda, diantaranya adalah: Orang keturunan Tionghoa di Jawa menyebutnya Pekak. Orang Bali memanggilnya dengan sebutan kembang lawang. Sedangkan negara Eropa menyebutnya star anise karena bentuknya menyerupai bintang.


Kembang lawang (Pekak) sebenarnya bukan bunga, ia adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Tinggi pohonnya bisa mencapai 8 meter. Ia mempunyai bunga yang cantik berwarna kuning. Bunga lawang berkembang-biak melalui biji benih. Buahnya dipetik sebelum ranum dan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari.

Kembang lawang memang kalah populer dibandingkan dengan bumbu lainnya pada kuliner Indonesia, seperti lada, pala, ketumbar dll. Lain halnya dengan kuliner di Asia, utamanya di China, Thailand, Vietnam, bumbu pekak banyak digunakan.

Selain sebagai bumbu, bunga lawang juga memiliki manfaat bagi kesehtan, berikut beberapa di antaranya:
  • Dalam pengobatan tradisional China, bunga lawang biasa diresepkan sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan kesehatan organ reproduksi perempuan serta membantu ibu menyusui untuk meningkatkan suplai ASI.
  • Sifat antibakteri dan antijamur yang dimiliki bunga lawang berguna dalam pengobatan asma, bronchitis, dan batuk kering. Untuk itu, tak mengherankan banyak produk obat batuk yang menggunakan tanaman ini sebagai salah satu bahannya.
  • Aroma bunga lawang yang menenangkan bisa membuat tidur lebih baik dan nyenyak.
  • Minyak bunga lawang berguna mengatasi rematik dan nyeri punggung bagian bawah.
  • Tanaman ini juga isa digunakan sebagai penyegar napas alami.
  • Shikimic asam, salah satu senyawa dalam bunga lawang digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan influenza atau virus flu.
  • Sementara itu, linalool, senyawa lainnya pada bunga lawang mengandung sifat antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Share:

0 comments:

Follow Us

BTemplates.com

Sora Cart

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nulla elementum viverra pharetra. Nulla facilisis, sapien non pharetra venenatis, tortor erat tempus est, sed accumsan odio ante ac elit./p>

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Lulur Body Scrub

Produk Masker Scrub

Recent Reviews


All Right Reserved 2011

Populer Products