Kunyit Kuning



Kunyit (Curcuma domestica Vahl.) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayah Asia khususnya Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerah Indo-Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Beberapa kandungan kimia dari rimpang kunyit yang telah diketahui yaitu minyak atsiri sebanyak 6% yang terdiri dari golongan senyawa monoterpen dan sesquiterpen (meliputi zingiberen, alfa dan beta-turmerone), zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi kurkumin 50-60%, monodesmetoksikurkumin dan bidesmetoksikurkumin), protein, fosfor, kalium, besi dan vitamin C.

Penyakit Yang Dapat Diobati:
Diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan, Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Memperlancar ASI, Amandel, Berak lendir, Morbili, Cangkrang (Waterproken)
Terdapat beberapa petua untuk mengonsumsi kunyit secara empiris di rumah, yaitu dengan cara merebus rimpang kunyit dan ditambah dengan beberapa ramuan lain sesuai dengan penyakit yang ingin diobati.

Berikut adalah beberapa contoh:
  • Diabetes mellitus: 3 rimpang kunyit dan 1/2 sendok the garam direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.
  • Tifus: 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere dan 1 lembar daun sambiloto ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan di saring. Diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut.
  • Disentri: 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Diminum dan diulangi sampai sembuh.
  • Sakit Keputihan: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, dan 1 potong gula kelapa/aren direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring. Diminum 1 gelas sehari.
  • Haid tidak lancar: 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok Teh ketumbar, 1/2 sendok Teh biji pala dan 1/2 genggam daun srigading ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum 1 gelas sehari.
  • Perut mulas pada saat haid: 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm dan 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk
    nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring, ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid.
  • Memperlancar ASI: 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus, kemudian dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap 2 hari.

Share:

0 comments:

Follow Us

BTemplates.com

Sora Cart

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nulla elementum viverra pharetra. Nulla facilisis, sapien non pharetra venenatis, tortor erat tempus est, sed accumsan odio ante ac elit./p>

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Lulur Body Scrub

Produk Masker Scrub

Recent Reviews


All Right Reserved 2011

Populer Products